Friday, December 17, 2010

BELKASTRELKA!!!




Tentang Belkastrelka
Akhir 2008, bermula dari keengganan untuk membuang sampah-sampah suara dari computer, kami (Yennu ariendra dan Asa Rahmana) berpikir untuk membuat sampah tersebut sedikit berguna. Tahun 2009 Belkastrelka terbentuk. Ide awalnya adalah tentang sebuah perjalanan angkasa di semesta yang penuh sampah, ke tempat-tempat yang asing, sebuah petualangan musikal tentang mimpi dan ingatan.
Kami mengambil ikon sejarah, sepasang mahkluk hidup yang pertama melakukan perjalanan luar angkasa, Belka dan Strelka. Kami tidak mengambil ikon Laika, karena dia tewas dalam perjalanan angkasanya dan tidak ada cerita yang bisa disampaikan setelah itu.



Perjalanan Angkasa; Mimpi dan Ingatan
Pada periode 60-an, manusia pertama kali mendarat di bulan. Fenomena yang luar biasa itu telah menginspirasi dan melahirkan lebih banyak mimpi bagi orang orang. Barangkali semasa kecil, kami membayangkan bahwa masa depan dunia sungguh menakjubkan. Bahwa, di tahun 2000-an akan banyak jet beterbangan dan kami dapat seminggu sekali bertamasya ke bulan. Kami tidak mendapati dunia seperti itu sekarang, Kami pernah melupakan mimpi tersebut seperti semua orang.
Komputer dan internet juga adalah fenomena yang besar. Bayangkan, semesta pun dapat tinggal disana. Kami dapat melakukan perjalanan tanpa batasan. Namun disana kami berpacu dengan kecepatan dan percepatan. Tersesat di sana dan kami merasa kehilangan arah dan seperti hidup di dalam mimpi orang lain.
Belkastrelka adalah semacam perjalanan mimpi, yang melewati banyak kegagalan dan kekecewaan

Musik Belkastrelka
Musik Belkastrelka pada dasarnya disusun dari sampah-sampah suara, Seperti perjalanan mimpi, suara ambient yang tenang diletakkan sebagai pondasi, di mana di atasnya muncul sampah dan pernak-pernik ingatan, seperti nada yang memorable dan bebunyian yang mucul di kehidupan sehari-hari: dering ringtone; komputer; glitch dari file suara yang rusak; suara televisi yang pekak; suara-suara chip; dan lain sebagainya. Dalam semesta virtual, musik Belkastrelka diproduksi oleh ribuan vst/vsti, sample, dan percobaan penggunaan efek.

Rumah Sputnik
Semua musik Belkastrelka diproduksi di sebuah kamar yang kami sebut sebagai Rumah Sputnik. Disanalah semua ide belkastrelka diterjemahkan. Itu adalah sebuah kamar biasa, dengan satu set speaker multimedia murahan dan sebuah komputer yang di dalamnya, sungguh terdapat jutaan sampah, yang terus berkembang tanpa dapat dihentikan. Rumah Sputnik adalah tempat dimana perjalanan Belkastrelka dimulai.

0 comments:

Post a Comment